Find me on facebook

Tips Berbisnis Toko Online Menggunakan Facebook

Sekarang sudah banyak sekali para pedagang yang membuka toko mereka di internet, misalnya membuka toko di kaskus, blog,  web yang menyediakan toko online (tokobagus.com, tokopedia.com) dan juga facebook. Nah, sekarang yang saya mau bicarakan adalah ketika kita membuka toko online menggunakan facebook, kenapa saya membuat tips berbisnis dengan menggunakan facebook? karena untuk berjualan di facebook kita dapat mencari calon pembeli yang tertarget (sesuai usia, jenis kelamin, pekerjaan dsb), dan untuk berjualan di facebook tidak di perlukan SEO, lain halnya ketika kita menggunakan blog, dan tidak perlu “sundul-sundul” seperti menggunakan kaskus, dengan facebook kita cukup add orang tersebut dan biasanya sering di approve.
Menurut saya sebagai pelanggan/calon pembeli, ada beberapa hal penting/point-point penting untuk tips berjualan di facebook, hal ini dilihat dari segi kenyamanan customer dalam berbelanja:
1. Jualah barang-barang Utama yang sedang ngetrend, misalnya blackberry, atau iPhone jenis terbaru. Atau bisa juga menjual barang-barang unik, atau gadget/laptop/handphone jenis terbaru, dan yang pasti…. (lanjut nomor 2)
2. Harganya lebih murah dibanding harga pasaran, bisa saja calon pembeli kita malah menjadi makelar atas barang-barang gadget yang kita jual.
3. Dapat menggunakan RekBer (rekening bersama), jasa rekber ada di kaskus (silahkan cari sendiri, banyak kok :D). apa itu rekber? jadi rekber adalah pihak ketiga yang berguna sebagai penghubung antara kita dan penjual, jadi sebelum barangnya kita terima maka uangnya pun akan masih ada di pihak rekber, jadi jika si penjual menipu (barang tidak sampai dalam jangka waktu tertentu) maka uang yang kita transfer akan masih berada di si pihak rekber dan uang akan kembali 100%. Namun apabila barang sudah sampai, maka si pembeli akan melakukan konfirmasi ke rekber, dan kemudian pihak rekber baru akan mengirim uangnya ke penjual.
4. Barang bergaransi, jadi si pembeli bisa tenang dalam beberlanja, namun (menurut pengalaman saya) ada juga yang, menjual barang BM (Black Market) dan harganya pun jauh lebih murah daripada yang resmi, tapi saya sebagai pembeli masih takut karena tidak ada garansi resmi (takut baru beli langsung rusak).
5. Mau melakukan COD (ketemuan), paling tidak dalam daerah tertentu, jika dalam persyaratan jual-beli si penjual tidak mau COD (ketemuan) maka si pembeli juga akan takut berbelanja (takut ketipu, di suruh ketemu gak mau sih).
6. mencantumkan contact, misalnya YM, PIN BB atau nomor HP. jadi gak usah tunggu notifikasi wall/komentar di facebook (lama, suka gak sabaran).
7. Add orang-orang yang merupakan target produk secara tepat, misalnya untuk berjualan BB kita perlu mahasiswa, untuk laptop target konsumen kita adalah mahasiswa atau pekerja kantoran, atau kita bisa melihatnya dari segi umur dsb.
Menurut saya, 7 hal itu lah yang paling tidak dapat menjadi tips untuk berbisnis toko online di facebook, namun jika ada yang ingin menambahkan silahkan berikan tambahannya di komentar ya :).
0 Komentar untuk "Tips Berbisnis Toko Online Menggunakan Facebook"

Back To Top